Powered By Blogger

Rabu, 26 Juni 2013

Resep Sehat China Ternyata Gemar Masakan Kukusan

SoloBlitz - Kamis, 27/06/2013 12:26 WIB
Masakan hasil dikukus. Foto: www.teruskan.com
Masakan hasil dikukus. Foto: www.teruskan.com
Masakan asal daratan Tiongkok yang sangat terkenal mulai dari bakpau, siomay, kue ketan hingga jenis dim sum kebanyakan diolah dengan cara dikukus. Bukannya tanpa maksud mengolah masakan dengan cara demikian.
Konon, selain tidak merusak nilai kandungan gizi dan kelezatan cita rasa yang ada, memasak dengan cara dikukus juga mampu mencegah banyak timbulnya penyakit berbahaya.
Ditemui Kamis (27/6/2013) pagi, salah seorang pemerhati masakan Tiongkok kuno, Adi Santoso atau kerap disapa Om Bun menjelaskan jika dirunut dari kajian kultur historis, masyarakat China dari zaman ke zaman memang menggemari masakan yang diolah dengan cara dikukus.
Karena selain lebih mudah dilakukan, mengukus juga tidak butuh waktu lama untuk bisa disajikan. Dari sisi keawetan masakan jauh lebih terjaga, daripada yang diolah dengan cara lainnya.
Namun terlepas benar atau tidaknya tentang mitos masakan yang dikukus, Om Bun menegaskan jika makanan yang baik untuk dikonsumsi adalah makanan yang mengandung sedikit residu racun, dan mudah dicerna oleh tubuh.
“Masakan yang diolah dengan cara dikukus, itu juga efektif mematikan kuman hingga ke dalam pori-pori bahan makanan, entah itu sayur atau daging,” jelas Om Bun.
Dari sisi filosofis, banyak masyarakat Tiongkok tradisi yang meyakini jika masakan yang dikukus mampu menghilangkan energi negatif dari bahan masakan itu sendiri. Karena uap air panas yang dihasilkan dari kukusan, dianggap sebagai energi positif yang mampu menambahkan khasiat, terutama dari sisi pengobatan bagi bahan masakan yang diolah.
Dan ternyata riset secara ilmiah membuktikan, jika masakan yang diolah dengan cara dikukus, nilai kandungan gizinya jauh lebih terjaga daripada masakan yang diolah dengan cara digoreng atau dibakar.
“Kalau saya secara logika, jika kita mengukus maka tingkat kematangan masakan bisa merata. Lain dengan cara digoreng atau dibakar, di situ kebanyakan matangnya hanya dari sisi kulit saja, atau mungkin malah terlalu matang hingga terkesan garing,” ungkapnya.
Akibatnya dari sisi kelezatan masakan pun akan jauh berbeda, antara masakan yang dikukus, dengan masakan yang digoreng, direbus atau dibakar. Karena dengan dikukus maka bumbu akan lebih meresap, tapi cita rasa dan tekstur masakan masih tetap terjaga. Dan untuk mendapatkan hasil maksimal seperti yang dimaksud memasak dengan mengukus adalah alternatif pilihan yang bisa dicoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar